About

Club Cooee

Pages - Menu

Senin, 01 Oktober 2012

Menghapus Cache

Sudah sering dengar istilah Cache dung. Jika saya mendefinisikan Cache sesuai dengan pamahaman saya, yaitu riwayat atau history yang terekam oleh komputer ketika kita melakukan aktivitas, dalam hal ini adalah browsing. Misal, sebulan yang lalu kita pernah membuka akun twitter, maka web address tentang twitter tersebut akan terekam oleh komputer sebagai Cache.
Sebagian orang berpendapat, agar browsing menjadi lebih ringan (?) sebaiknya kita menghapus Cache dari browser tersebut. Baiklah, kita ikuti saja pendapat para ahli tersebut. Maka disini saya akan menguraikan cara menghapus Cache.
1. Cache Browser.
Bagi yang sering berselancar di dunia maya, tentunya kapasitas komputer untuk menyimpan Cache menjadi lebih besar. Untuk menghapusnya mudah saja (sesuai dengan browser masing-masing):
a. Pada browser (saya sedang menggunakan Pale Moon), pilih History.
b. Kemudian pada pilihan Clear All History, centang Cache apa saja yang hendak dihapus. Misal: Browsing & Download History, Form &Search History, Cookies, Cache, Active Logins, Offline Website Data. (Jika merasa Cache tersebut tidak berguna lagi, maka silahkan centang semuanya)
c. Klik Clear Now. Daaaaaannn Cache anda sudah terhapus. Mudah bukan?

2. Cache Flash.
Bagi teman-teman gamer yang biasa menggunakan Adobe Flash, ternyata aktivitas game tersebut terekam juga oleh komputer sebagai Cache loh. Jika teman-teman mengalami game sering eror sementara kaliaan masih memiliki Adobe Flash dengan versi terbaru, mungkin kendalanya ada dikapasitas komputer menyimpan cache game kalian yang sudah maksimal sehingga perlu dihapus. Berikut saya paparkan langkah-langkahnya:
a.  Pada komputer, pilih Run. Jika menggunakan windows bisa langsung menekan simbol windows (pada keyboard) + R.
b. Ketik %appdata%\Adobe dan klik  OK.
c. Delete folder Flash Player yang muncul.
d. Selanjutnya, ulangi kembali langkah a.
e. Ketik %appdata%\Macromedia dan klik OK
f. Delete folder Flash Player yang muncul.
Cache Flash kamu sudah terhapus dengan sempurna. Selamat ber-game ria tanpa eror.

Lebih lengkapnya mengenai Adobe Flash silahkan baca di sini

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar masih gratis kok, gak usah sungkan.. Hehe..

Popular Posts

 
Design by Satria Adhi