About

Club Cooee

Pages - Menu

Selasa, 30 April 2013

Belajar Menulis: Tips Membuat Latar Belakang

gambar: nurulhuda.github.io
Berikut adalah Tips membuat Latar Belakang yang saya kutip dari Kultwit @nulisbuku
Latar Belakang sangat berguna untuk meyakinkan pembaca serta menciptakan emosi pembaca. Pada sebuah fiksi, penciptaaan emosi pembaca menjadi hal yang sangat penting dan sangat dipengaruhi oleh Latar Belakang yang baik. Misalnya, sebuah roman harus dapat membuat pembaca merasa bahwa dirinya sungguh-sungguh terlibat dalam kisah cinta. 
LatarBelakang yang baik merupakan kombinasi yang harmonis dari setting waktu dan tempat, karakter serta suasana. Setting yang paling mudah adalah dengan menggunakan setting waktu dan tempat yang nyata. Bisa juga kok menggunakan waktu dan tempat yang tak pernah kamu kunjungi, asalkan… Kumpulkan data selengkap dan serinci mungkin, kamu bisa browsing di internet atau dengan banyak membaca buku. 
Keharmonisasian antara setting, karakter dan suasana merupakan hal yang harus diperhatikan secara teliti. Misalnya, kita mengambil setting tempat di Jakarta dengan tokoh utama Si Pitung (Orang Betawi). Maka akan ada dialek/logat khusus yang seharusnya ditunjukkan.
Contoh: “Aye kagak ngarti dah maksud lu apaan” ~> Dialek Betawi
dan bukannya: “Abdi teh teu ngartos” ~> Dialek Sunda.
Untuk setting tempat fiksi ada yang dinamakan “Made Up Setting in Real World”. Setting tempat bisa fiksi tetapi biasanya akan ada penyesuaian dengan tempat yang sungguh-sungguh ada agar pembaca mudah mengimajinasikannya.

Kata kuncinya adalah dengan : Menunjukkan bukan menceritakan! 

Latar Belakang terdiri atas: Setting (Waktu dan Tempat), Karakter dan Suasana.
1. Latar Belakang Karakter sudah dicontohkan tentang si Rama yang jorok.
2. Latar Belakang Setting, kita menggunakan waktu dan tempat tertentu sebagai Latar Belakang. Misalnya, “Langit gelap gulita menyelimuti seluruh Jakarta, padahal ayam baru saja berkokok” .
3. Untuk Latar Belakang suasana, dapat digunakan situasi keramaian, kesepian, kedinginan, dll. Misalnya, Orang-orang berlalu-lalang dihadapanku, sementara aku hanya menatap mereka dengan tatapan kosong, berharap seseorang menegurku.
Jadi tunjukkanlah karakter, setting serta suasana yang tepat, bukan diceritakan.
A: contoh menceritakan ~> Silvi sangat marah mendengar pemberitaan tentang dirinya yang telah hamil diluar nikah
A: Contoh menunjukkan~> Sejak penyebab membuncitnya perutnya diketahui orang, Silvi memukul meja dengan keras, … … mukanya memerah dan tangannya terkepal dengan erat. 

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar masih gratis kok, gak usah sungkan.. Hehe..

Popular Posts

 
Design by Satria Adhi