About

Club Cooee

Pages - Menu

Senin, 18 Agustus 2014

Kisi-kisi Soal Tes CPNS 2014


Mengacu dari peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara nomor 9 tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS, kisi-kisi materi yang diujikan dalam seleksi CPNS sebagai berikut:

Kisi-kisi CPNS Instansi Pusat

Tes Wawasan Kebangsaan
Tes Intelegensi
Tes Kepribadian
Tes Kompetensi Bidang
Tes Wawancara

Kisi-kisi Tes CPNS Instansi Daerah

Tes Wawasan Kebangsaan
Tes Intelegensi
Tes Kepribadian

Tes Kompetensi Dasar

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

Tes Wawasan Kebangsaan ini dimaksudkan untuk menilai penguasaan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. NKRI meliputi sistem tata negara pusat maupun daerah , sejarah perjuangan bangsa, peranan Indonesia dalam tatanan regional maupun global dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Tes Intelegensia Umum (TIU)

Tes ini dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal, yaitu kemampuan dalam menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis, kemampuan numerik, yakni kemampuan melakukan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.

Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

Tes yang dimaksudkan untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan dan orang lain, kemampuan beradaptasi, mengendalikan diri, bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan berkoordinasi dengan orang lain. Penyusunan soal dan pengolahan nilai TKD disusun oleh Panitia pengadaan CPNS Nasional , dibantu tim ahli dari konsorsium perguruan tinggi.

Tes Kompetensi Bidang (TKB)

Kisi-kisi materi tes kompetensi bidang, disususn dan ditetapkan oleh masing-masing nstansipembina jabatan fungsional. Misalnya, untuk tenaga pengajat oleh Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, untuk paramedis (dokter, perawat, dan bidan) oleh Kementeraian Kesehatan, dan lainnya sesuai dengan formasi pada kementerian, instansi, serta lembaga yang bersangkutan.

Sumber: https://www.facebook.com/cpnsindonesia/posts/818073798205009

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar masih gratis kok, gak usah sungkan.. Hehe..

Popular Posts

 
Design by Satria Adhi