About

Club Cooee

Pages - Menu

Sabtu, 13 Agustus 2011

Backup data Message (SMS) dari Handphone (Nokia) Melalui PC

Isi pesan SMS pasti ada yang penting bagi kita, karena itu sebaiknya dibackup secara berkala. Lagipula ponsel Nokia bersistem operasi Symbian biasanya akan melambat performansinya bila kita menyimpan banyak sekali SMS dan dapat berakhir ngadat dan hang. Jadi, supaya tidak terjadi hal-hal semacam ini, harus selalu membackup dan menghapus SMS.

Hasil Backup Berupa File Teks
Untuk membackup SMS dan mengkonversinya menjadi file teks (misal, file .TXT, file .HTML), ada dua cara yaitu langsung lewat ponsel atau lewat komputer. Kali ini LyngLyng ingin mencatat cara membackup SMS melalui komputer.

Melalui Komputer

Nokia Communication Centre - Nokia PC Suite, selain untuk membuka dan mengirim SMS juga bisa digunakan untuk membackup SMS.
Tentunya untuk yang melalui komputer sebelumnya diperlukan koneksi seperti infrared, bluetooth, atau kabel data. Cara yang paling mudah adalah melalui Nokia PC Suite menggunakan Nokia Communication Centre (dengan icon Messages).

Bila kita lihat di menu Edit, terdapat fasilitas Copy & Paste di Nokia Communication Centre.  Fasilitas inilah yang dapat kita gunakan untuk membackup SMS-MMS. Langkah-langkah untuk membackup adalah:
  1. Pilih SMS-SMS (bisa juga sambil menggunakan klik mouse sambil menekan tombol CTRL atau SHIFT, atau CTRL+A untuk pilih semuanya).
  2. Copy SMS tersebut (tekan CTRL+C atau Edit » Copy).
    Pilih SMS yang akan dibackup kemudian copy (CTRL+C atau menu Edit » Copy).

  3. Masuk ke Windows Explorer dan paste SMS yang kita copy tadi di folder yang kita inginkan (tekan CTRL+V atau Edit » paste).
    Langkah 2. Masuk ke Windows Explorer, pilih folder, kemudian Paste (CTRL+V atau Edit » Paste) di folder tsb.

File hasil dari paste-nya berekstensi .VMG (Nokia Text Message) karena berupa file teks, maka bisa kita buka dan baca isinya dengan program editor teks, misalnya Notepad atau Wordpad. Sedangkan apabila kita ingin mengkonversi file-file .VMG ke file lain misalnya Excel XLS, PDF, Word DOC, TXT, HTML, RTF, XML, dan lain sebagainya, salah satu program freeware yang powerful adalah ABC Amber Nokia Converter dari ABC Amber Conversion & Merging Sofware, ProcessText Group yang mengkhususkan dalam hal konversi teks.

Sumber : http://www.hikaruyuuki.com/blog/backup-dan-simpan-data-ponsel-nokia-sms-bagian-2.html
Untuk mendownload ABC Amber Nokia Converter silahkan klik :  http://www.softpedia.com/get/Internet/E-mail/Mail-Utilities/ABC-Amber-Nokia-Converter.shtml

7 komentar:

Counter Strike Condition Zero Full serial number mengatakan...

Thanks bro

Lynglyng mengatakan...

terimakasih telah berkunjung :D

Paipai mengatakan...

makasih min udah share infonya
power supply hp

Cimploh.blogspot.com mengatakan...

Mantap bro

Allgamepcworked.blogspot.com mengatakan...

Sangat bagus sekali

Gratisdownlloadgame.blogspot.com mengatakan...

Ini yang saya cari2

Gamingdlfree.blogspot.com mengatakan...

Ijin praktek ya bro

Posting Komentar

Komentar masih gratis kok, gak usah sungkan.. Hehe..

Popular Posts

 
Design by Satria Adhi