About

Club Cooee

Pages - Menu

Kamis, 31 Oktober 2013

STRATEGI MENGHADAPI TES CPNS (2)

Sudah baca postingan sebelumnya?? Kali ini kami ingin sharing kembali beberapa ilmu yang pernah LyngLyng dapatkan, untuk diterapkan dalam menghadapi Tes CPNS ataupun Tes TPA. Yuk, simak apa aja tips dan trik lainnya.

Soal Intelegensia:

a.    Sinonim atau padanan kata yang paling tepat
Jangan memilih kata yang memiliki bunyi mirip dengan soal, karena kami telah mengamati bahwa jawaban seperti itu adalah 95% salah!!! Artinya kemungkinan untuk benar hanya sekitar 5%, dan kami menyebut jawaban seperti itu adalah jawaban konyol. Jika anda memilih jawaban seperti itu, maka bisa jadi anda termasuk orang yang agak konyol...
Setelah mengeliminasi jawaban dengan bunyi yang mirip dengan soal, tinggal beberapa jawaban yang kemungkinan benar...pilih yang paling mendekati coba aplikasikan dalam sebuah kalimat, terasa sumbang atau tidak.
b.   Antonim atau Lawan kata yang paling tepat
Amati pilihan jawaban, carilah dua jawaban yang berlawanan! Seringkali jawaban soal Antonim berada pada salah satu dari 2 kata yang berlawanan tersebut.
Hati-hati pada saat mengerjakan soal ANTONIM jangan sampai anda berfikir bahwa sedang mencari sinonim/ persamaannya. Ini sering terjadi pada peserta tes ketika di tengah-tengah tes, ia tidak sadar telah mencari jawaban yang merupakan sinonimnya, bukannya mencari lawan katanya.
c.    Pilihlan padanan hubungan yang paling tepat untuk pasangan kata
Yang paling penting dalam menghadapi soal semacam ini adalah menemukan kata kunci atau hubungan Khusus/ Unik dari dua atau lebih kata yang diberikan.
Semakin khusus atau spesifik, maka akan semakin mudah untuk menemukan hubungan yang paling sesuai. Jika hubungan bersifat terlalu umum, maka alternatif jawaban biasanya masih agak sulit untuk ditentukan yang paling tepat.

Soal ARITMATIKA
INGAT ATURAN DASAR dalam ARITMATIKA
  1. Urutan operasi yang didahulukan adalah sebagai beikut:
      1. Tanda kurung
      2. Pangkat / akar
      3. Kali/ bagi
      4. Tambah/ kurang
  2. Penjumlahan/ pengurangan pecahan harus dengan menyamakan penyebut terlebih dahulu.
  3. Pembagian dengan pecahan adalah sama dengan dikalikan dengan kebalikan dari pecahan pengali (pembilang dan penyebut dibalik)

Soal deret angka
  1. Pola bilangan dapat ditebak jika telah ada minimal dua pola sebelum atau sesudahnya.
  2. Pola bilangan dapat berupa penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, pengakaran, pengkuadratan, atau gabungan dari beberapa operasi tersebut.
  3. Langkah awal mencari pola/ irama suatu deret adalah dengan memperhatikan perubahan dari suatu bilangan ke bilangan lain kemudian ditentukkan apakah aturan operasi tersebut berlaku untuk seluruh deret atau tidak
Soal Pecahan
1.   Dalam mencari hasil akhir, Anda tidak harus menemukan secara teliti/ detail, mengingat ada batasan waktu. Sebagaian besar jawaban bisa dicari dengan cara mencari nilai pendekatan. Carilah pendekatan ke bilangan yang bulat atau lebih mudah dihitung! Jadi jangan mempersulit diri
2.    Mencari nilai pendekatan juga bisa anda lakukan dengan melihat ekor bilangan (angka pada posisi paling akhir dari hasil perhitungan)    

Soal PERBANDINGAN
Untuk soal-soal PERBANDINGAN yang biasanya memiliki ciri-ciri memuat kata “lebih” atau “dari pada” maka solusi termudah adalah dengan digambar/ ditulis dibuatkan skema atau diagramnya.

Soal silogisme
Dalam soal-soal silogisme sering dijumpai kata-kata sementara atau semua. Jika Anda menemui kata: sementara/ sebagian/ beberapa/ ada/ mungkin semua, maka artinya adalah tidak semuanya atau minimal satu anggota.
Semua/ setiap artinya adalah seluruh anggota tanpa kecuali.  

Soal karakteristik pribadi
  • Dalam soal-soal karakteristik pribadi akan Anda jumpai soal-soal yang seolah-olah Anda harus menjawab dengankeadaan yang sesuai dengan keadaan diri Anda. JANGAN TERLENA...! Sesuaikan jawaban Anda dengan sikap-sikap patriotisme sebagai seorang pribadi yang tangguh:
  • Loyalitas tinggi, motivasi kerja tinggi, semangat kerja tinggi, mempunyai keahlian lebih, daya adaptasi tinggi, daya analisa tinggi, team work, sikap menghargai, mendahulukan kepentingan umum, bertanggung jawab dll.
  • Unggulkan sikap-sikap kerja yang positif...
  • Dalam soal-soal karakteristik pribadi akan Anda jumpai soal-soal yang seolah-olah Anda harus menjawab dengankeadaan yang sesuai dengan keadaan diri Anda. JANGAN TERLENA...! Sesuaikan jawaban Anda dengan pernyataan yang paling mendekati dengan simtom pada soal.
  • Simtom di sini dimaksudkan adalah gejala SIKON dalam soal, temukan kata kuncinya dan sesuaikan dengan simtom pada jawaban, pilih yang paling mendekati dan tidak bertentangan dengan simtom dalam soal.             


Demikianlah teman-teman, Tips dan Trik kali ini. Ada yang punya Tips dan Trik lain?? Boleh berbagi di kolom komentar. Selamat menempuh Tes CPNS. Doakan saya dan kita semua lulus ya.. Aminn..

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar masih gratis kok, gak usah sungkan.. Hehe..

Popular Posts

 
Design by Satria Adhi